Sunday, July 15, 2018

Hati-hati.!! Penipuan Call Center Telegram

Adanya berbagai macam aplikasi chat kita dimudahkan dalam berkomunikasi dengan siapapun. Mengirim foto, file, video dan video call bisa kita lakukan di aplikasi chat. Salah satu aplikasi chat yang banyak dipakai di smartphone adalah Telegram. Selain fitur tadi telegram biasanya dipakai untuk transaksi jual beli pulsa.

Telegram


Namum dengan adanya berbagai kemudahan itu kita juga harus hati-hati terhadap penyalahgunakan oleh orang lain. Seperti yang saya alami tadi malam. Berikut kronologinya.

Saat saya sedang asyik menonton film di laptop, tiba-tiba HP berdering karena ada panggilan masuk. Panggilan masuk itu berasal dari nomor asing (tidak ada dalam kontak). Spontan panggilan masuk itu saya terima, mengaku dari call center telegram dengan gaya bicara formal membuat saya seperti percaya. Awal pembicaraan ditanya sudah berapa lama menggunakan telegram, lalu call center gadungan tersebut bilang harus update telegram jika ingin telegram tetap bisa digunakan. Call center gadungan tersebut meminta kode telegram berupa angka sebanyak lima digit. Seakan terhipnotis saya memberikan kode verifikasi telegram yang diminta oleh call center gadungan tersebut. Setelah mendapat kode tersebut dia bertanya dipakai buat apa saja telegram saya dan bilang terima kasih.

Notifikasi dari Telegram

Tidak lama setelah panggilan dimatikan, saya mendapat notifikasi yang intinya telegram saya dibuka ditempat lain, bahasa kerennya telegram saya di hack. Sadar bahwa telegram saya di hack saya mengikuti perintah dalam notifikasi. Caranya ke menu Settings - Privacy and Security - Sessions and terminate that session

Jika akun telegram anda ingin lebih aman maka beri password telegram anda caranya ke menu Settings - Privacy and Security - Two-step Verification - Set Additional Password

Selain modus call center telegram gadungan, para hacker telegram juga meminta kode verifikasi telegram melalui sms.

Penipuan Lewat SMS

Para hacker ini meminta kode verifikasi telegram untuk digunakan mengambil data-data di telegram anda antara lain saldo pulsa, password yang disimpan dll. Jadi jangan berikan kode verifikasi telegram anda pada siapapun. Semoga bermanfaat terima kasih.