Thursday, May 17, 2018

Pengalaman Naik Taksi Konvensional, Go-Jek dan Grab di Solo - Boyolali

Kantor - Stasiun Purwokerto

Sabtu, 12 Mei 2018 aku pergi ke Boyolali untuk menonton God Bless dan Europe di acara Volcano Rock Festival. Aku berangkat dari Purwokerto pukul 10.40 WIB menggunakan kereta Jogjlokerto. Pukul 10.15 WIB aku memesan Go-Jek (Go-Ride) dari kantor menuju Stasiun Purwokerto. Buka aplikasi Go-Jek, input lokasi penjemputan dan tujuan, Rp 3000 yang tertera dari orderanku. Tanpa pikir panjang aku order. Tak perlu menunggu lama driver datang, karena komplek kantorku banyak driver yang mangkal.
Pengalaman Naik Taksi Konvensional, Go-Jek dan Grab di Solo - Boyolali


Jarak dari kantorku ke Stasiun Purwokerto kurang lebih 1.5 km. Dalam perjalanan aku memberi ongkos kepada driver Go-Jek dengan uang Rp 5000. Sekitar 10 menit perjalanan akhirnya aku sampai di Stasiun Purwokerto. Driver bilang terima kasih dan tidak basa-basi tentang kembalian, walaupun sebenarnya aku memang tidak ingin mengambil kembalian tersebut.

Stasiun Balapan - Penginapan

Pukul 14.46 WIB aku sampai di Stasiun Balapan Solo. Karena lapar dari pagi belum sarapan, begitu keluar stasiun fokus aku hanya satu, mencari warung rames. Jalan beberapan puluh meter dari staiun akhirnya dapat warung nasi rames. Selesai makan dan sambil istirahat googling penginapan di sekitar Stasiun Balapan akhirnya nemu yang cocok.

Pengalaman Naik Taksi Konvensional, Go-Jek dan Grab di Solo - Boyolali

Jarak antara stasiun ke penginapan sekitar 2 km, karena jarak yang lumayan dekat dan masih di komplek stasiun aku memutuskan naik taksi konvensional. Taksi tersebut menggukanan mobil Toyota Avanza. Kami naik dan argo dihidupkan, kami yang di luar mobil kepanasan langsung sejuk begitu naik taksi. Jalan yang kami lalui cukup mengalami kemacetan karena berbarengan dengan jam pulang kantor. Sampai di penginapan argo menunjukan Rp 13000 tapi oleh supirnya ditarik sebesar Rp 25000 karena batas minimal argo adalah Rp 25000 kata supir tersebut.

Penginapan - Stadion Pandan Arang

Dari penginapan menuju Stadion Pandan Arang aku sempat membandingkan harga antara Go-Jek (Go-Car) dengan Grab. Pertama aku buka aplikasi Grab muncul tarif Rp 91000, lalu aku buka Go-Jek muncul tarif sebesar Rp 94000. Karena lebih murah di Grab aku kembali membuka Grab, ternyata tarif sudah berubah menjadi Rp 96000. Aku kembali membuka aplikasi Go-Jek dan harga yang ditawarkan masih sama yaitu Rp 94000 langsung aku order.

Lima menit kemudian driver datang dengan mobil Agya, masih muda drivernya. Di jalan kami juga diajak ngobrol tentang Solo dan sekitarnya. Menurut driver yang mengantar kami ke Stadion Pandan Arang, dia narik Go-Jek jika akhir pekan saja karena jika week day dia bekerja di salah satu pabrik di Solo. Jarak antara penginapan ke stasion sekitar 26 km dan ditempuh selama kurang lebih 60 menit. Sampai di komplek stadion, jalan utama sudah di tutup. Mau tak mau aku tidak bisa diantar tepat di stadion. Oleh temanku drivernya kasih uang Rp 100000.

Stadion Pandan Arang - Penginapan


Acara Volcano Rock Festival selesai pukul 22.30 WIB, tapi aku tidak langsung pulang. Melihat-lihat merchandise resmi dari Volcano Rock Festival. Sambil berjalan keluar komplek Stadion Pandan Arang aku membuka aplikasi Grab untuk pulang ke penginapan dengan tarif Rp 144000. Karena perbedaan yang cukup jauh dari harga saat berangkat aku buka Go-Jek dengan tarif Rp 80000. Langsung aku order lewat aplikasi di HP. Setelah memesan ternyata tidak ada driver di sekitar stadion (mungkin sudah narik penonton yang lain). Aku batalin dan buka Grab, harga sudah sekitar Rp 200000 lebih buka Go-Jek lagi dan tidak ada driver lagi. Begitu seterusnya sampai harga di Grab menjunjukkan harga Rp 300000 lebih.

Melihat harga yang tidak normal aku berjalan ke Alun-Alun Kidul Boyolali. Sampai di Alun-alun Kidul aku memesan susu di angkringan sambil mengecek di Go-Jek sudah ada driver. Pesanan datang dan driver pun didapat dengan harga Rp 83000 mengunakan aplikasi Go-Jek. Driver yang mengantar saya pulang ini masih muda banget, dari mukanya si belum sampai 20 tahun. Kali ini enak juga drivernya diajak ngobrol, mobil yang dia pakai adalah Gran Max. Tak apalah dari pada ngga bisa pulang ke penginapan. Sampai di penginapan aku kasih Rp 90000.

Penginapan - Stasiun Balapan

Kalau sebelumnya dari stasiun ke penginapan kami mengunakan taksi konvensional. Kali ini aku pulangnya memakai Grab, dengan tarif Rp 9000. Driver datang dengan mobil Nissan March. Aku ditawari diantar sampai dalam atau diluar stasiun. "Sampai dalam pak" Jawabku. 

Pengalaman Naik Taksi Konvensional, Go-Jek dan Grab di Solo - Boyolali


Karena diantar sampai dalam jadi uang parkir aku yang menanggung. Total Rp 12000, dengan rincian Rp 9000 tarif Grab dan Rp 3000 parkir mobil. 

Kesimpulan dari artikel kali ini adalah Taksi Konvensional ada tarif minimal. Grab semakin banyak order semakin mahal tarifnya. Go-Jek banyak atau sedikitnya jumlah yang order harga tetap sama.

Sekian artike kali ini semoga bermanfaat. Terima Kasih.